Kakadu National Park

Datang dan jelajahi Taman Nasional Kakadu yang terdaftar sebagai Warisan Dunia, sekitar tiga jam sebelah timur Darwin.

Di taman nasional terbesar di Australia ini, Anda akan melihat tebing-tebing curam bergerugut, hutan hujan lebat dan galeri seni cadas berusia 50.000 tahun. Pelajari kebudayaan masyarakat Aborigin dari pemilik tradisional suku Bininj/Mungguy. Saksikan jutaan burung yang bermigrasi di antara lahan basah. Lihat bunga teratai yang indah dan buaya prasejarah, air terjun yang gemuruh dan kolam yang berkilauan. Rasakan keajaiban Kakadu di enam musim yang sangat berbeda. Dari bunga teratai yang indah sampai buaya prasejarah, Kakadu penuh dengan harta karun yang dapat dijelajahi.

Lima cara berwisata di Kakad

1. Menyaksikan seni Aborigin

Kakadu adalah lokasi salah satu koleksi seni cadas Aborigin terbesar di dunia. Lihat celah-celah batu yang dipahat oleh leluhur Dreamtime di Nourlangie Rock. Atau lihat lukisan Manusia Petir, leluhur Dreamtime yang masih mengatur badai petir dahsyat pada musim hujan, di Anbangang Gallery tidak jauh dari sini. Lihat lukisan Rainbow Serpent dan beberapa contoh seni sinar-X terindah di dunia di Ubirr Rock. Kakadu adalah lokasi salah satu koleksi seni cadas Aborigin terbesar di dunia. Anda akan melihat jejak tangan hewan, pemburu dan gambar-gambar Dreamtime, serta rumah, perkakas batu, batu asahan, seni cadas dan oker yang digunakan sebagai bahan pewarna dalam upacara adat. Pelajari bagaimana seni tersebut menggambarkan sejarah sosial, budaya dan alam Kakadu dalam tur bersama pemandu atau melalui lambang-lambang penuh makna.

2. Dengan flora dan fauna langka purba

Ikuti perjalanan wisata Gubarra Pools Walk melintasi tebing-tebing batu pasir menuju hutan monsun yang rindang atau perjalanan wisata Bubba Walk melalui lahan basah yang dikelilingi pohon paperbark, pandan, cycad dan teratai. Lihat air terjun Jim Jim Falls yang menakjubkan setinggi lebih dari 250 meter. Jelajahi Sungai East Alligator dan Yellow Water melintasi buaya, ikan barramundi, dan burung-burung seperti magpie geese, brolga, jabiru dan elang laut berperut putih. Lihat burung jacana dan jesus yang terbang di antara daun-daun bunga teratai. Seperempat dari semua spesies ikan air tawar Australia, dan lebih dari sepertiga spesies burung Australia dapat ditemukan di Kakadu.

3. Dengan semangat petualangan

Naik kendaraan gardan ganda ke Koolpin Gorge atau kaki tebing curam Arnhem Land dan berkemah semalam. Atau ikuti tur naik kendaraan gardan ganda ke lokasi-lokasi menarik seperti air terjun Jim Jim Falls dan ngarai Barramundi Gorge. Saksikan keagungan dan keindahan Kakadu dalam penerbangan penuh pemandangan indah atau tangkap ikan barramundi bersama pemandu memancing yang berpengalaman. Susuri Sungai East Alligator dalam perjalanan wisata budaya Aborigin atau dayung kano menuju air terjun Twin Falls yang mengagumkan. Berjalan melintasi hutan semak melalui hutan hujan, melintasi air terjun dan kolam rendam yang jernih.

4. Menikmati musim yang berbeda

Anda harus mengunjungi Kakadu lebih dari sekali untuk menikmati musimnya yang sangat berbeda. Masyarakat Bininj setempat membagi musim menjadi enam, dimulai dengan air terjun yang gemuruh dan kilat yang menyilaukan pada musim monsun Gudjewg dari bulan Januari sampai Maret sampai cuaca panas dan kering pada musim Gurrung pada bulan Agustus dan September. Lihat bunga paperbark yang sedang mekar dekat danau billabong yang penuh dengan burung air pada musim Banggerreng pada bulan April. Nikmati cuaca nyaman dan langit cerah pada musim dingin Wurrgeng dari bulan Juni sampai Agustus. Nikmati pemandangan yang selalu berubah ini dalam penerbangan menyusuri bentang alam atau nikmati pemandangan dari dekat dalam perjalanan wisata hutan semak, danau billabong atau pesiar sungai.

5. Berkendara menyusuri Nature’s Way

Mulai dari Darwin dan berjalan melintasi hutan belantara lahan basah yang kaya akan kebudayaan dan sejarah perintisan masyarakat Aborigin dalam perjalanan wisata Nature’s Way. Perjalanan wisata ini membawa Anda dari Taman Nasional Kakadu yang terdaftar sebagai Warisan Dunia menuju Taman Nasional Litchfield dan Taman Nasional Nitmuluk. Berkano menyusuri Sungai Katherine, berenang di air terjun Litchfield dan lihat koleksi seni cadas Aborigin terbesar di dunia di Kakadu. Di sini Anda dapat berjalan ke puncak air terjun Gunlom Falls, yang terkenal dalam film Crocodile Dundee sebagai Echo Pool, jelajahi kolam-kolam karang dan masak makanan dengan api unggun di kaki tebing curam Arnhem Land. Bagi orang yang gemar fotografi dan melihat hewan liar dan burung, ini merupakan perjalanan wisata impian, semuanya dilakukan di jalan beraspal mulus yang cocok untuk kendaraan bergardan tunggal.

Leave a comment