Patung Liberty

alt

Patung Liberty merupakankebanggaan dan simbol kota New York,  Amerika Serikat.Patung Liberty adalah hadiah dari rakyat Perancis untuk merayakan seratus tahun penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat.

Berdiri diatas Liberty Island dan merupakan salah satu simbol paling terkenal di dunia. Ia mewakili seorang wanita yang mengenakan stola, sebuah mahkota bercahaya dan sandal, menginjak-injak rantai rusak, membawa obor di tangan kanan mengangkat dan tablet ansata tabula. Pembangunan patung itu diselesaikan di Perancis pada bulan Juli 1884 dan tiba di New York Harbor pada tahun berikutnya.

Setelah selesai dibuat di Perancis, Patung ini di bongkar dan dikemas dalam 200 muatan besar dan dikirim ke Amerika Serikat, selanjutnya Patung Liberty di susun kembali di New York, US. Patung “Dewi Kemerdekaan” ini dipersembahkan oleh rakyat Perancis kepada Amerika Serikat, sebagai hadiah Kemerdekaan Amerika yang ke-100.

Tinggi patung ini 46 meter berat 204 ton. Berdiri di atas landasan setinggi 47 meter. Jadi jika dihitung dari landasannya, tinggi patung ini adalah 93 meter dan dirancang oleh Fredric Bartholdi dan Gustave Eiffel (perancang menara Eiffel). Bagian patung Liberty diisi rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga.

Patung Liberty adalah salah satu ikon Amerika Serikat yang paling terkenal di seluruh dunia, dan merepresentasikan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan. Nama Liberty berasal dari nama dewi Romawi kuno, Libertas, yang melambangkan kebebasan dan kemerdekaan. Liberty membawa sebuah tablet yang bertulisan July, 4 1776 dalam huruf Romawi yang merupakan hari kemerdekaan USA.

 

alt

Leave a comment